DEFENISI
Kencing nanah atau gonore (bahasa Inggris: gonorrhea atau gonorrhoea ) adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra , leher rahim, rektum , tenggorokan , dan bagian putih mata ( konjungtiva ). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi .
GEJALA PENYAKIT GONORE
Pada pria, akan keluar nanah dari dari saluran kencing dan rasanya sangat panas seperti terbakar
Pada wanita, infeksi dapat terjadi pada saluran kencing, vagina ataupun cervic.
Wanita juga bisa merasakan nyeri perut yang sangat hebat
Bertambahnya cairan yang keluar dari vagina
Ujung buah zakar berwarna merah dan membengkak
Merasakan sakit yang luar biasa saat buang air kecil
Air kencing berwarna kuning kehijauan
DIAGNOSA BANGDING ATAU PENYAKIT YANG MIRIP DENGAN GONORHEA
1. Trichomonas vaginalis: pada wanita akan terlihat sekret vagina seropulen kekuning – kuningan, kuning – hijau, malodorus dan berbusa, dapat disertai urertis. Untuk mendiagnosa trikomiasis dpat dipakai sediaan basah dicampur dengan gram faal dn dapat di lihat pergerakan aktif.

2. Kandidosis vulvovaginitis sering menimbulkan gejala klinis gaal dengan eksudat berupa gumpalan – gumpalan seperi kepala susu berwarna putih kekuning. Diagnosis tegantung dari identifikasi organism dengan smear dan kultur.

3. Pada Gardnerella vaginalis duh tubuh vaginalis vagina berwarna abu – abu , homogen berbau, dan pada pemeriksaan ditemukan clue cells ( yaitu sel epitel vagina yang granular diliputi oleh kokobasil sehngga batas sel tidak jelas.

4. Uretritis non spesifik pada pria menimbulkan gejala berupa disuria ringan, Perasaan tidak enak di uetra, sering kencing dan keluarnya duh tubuhSeropurulen. Dibandingkan dengan gonore perjalanan penyakit lebih lama. Sedangkan uretritis non spesofik pada wanita seperti gonore umumnya tidak Menunjukan gejala.

UNTUK KELANJUTANNYA DAPAT DI BACA DI SINI