BATUK

DEFINISI:
batuk adalah suatu ekspirasi yang eksplosive, merupakan mekanisme perlindungan normal untuk membersihkan  tracheobronchial tree dari sekret dan benda asing.  Batuk yang berlebihan akan mengganggu sehingga penderita  mencari pertolongan medik, karena rasa tidak nyaman, mengganggu kehidupan normal, selain itu batuk dapat menimbulkan kecemasan pada penderita akan : kanker atau AIDS (sebab kebanyakan manifestasi klinis AIDS adalah ganguan pada paru-paru yang membuat pasien sering batuk.

MEKANISME TERJADINYA BATUK

Batuk dapat terjadi dengan sengaja atau karena reflek. Refleks batuk terjadi melalui afferent dan efferent pathways.
Batuk dimulai dengan inspirasi dalam diikuti dengan menutupnya glotis, relaksasi diafragma, dan kontraksi otot melawan penutupan glotis akibatnya  tekanan intratoraks meningkat .
Ketika glotis terbuka, perbedaan tekanan yang besar antara saluran napas dan udara luar menghasilkan aliran udara yang cepat melewati trakea.  Batuk membantu membuang mukus dan bahan2 asing.

Refleks batuk dapat ditimbulkan oleh:

1.Mekanik
stimulasi  pada reseptor iritan pada epitel permukaan saluran napas, oleh debu, asap, distorsi saluran napas, fibrosis paru, atelektasis atau massa intrabronkial

2.  Proses inflamasi seperti  post nasal drip (adanya lendir di tenggorokan), refluks gastro esofageal (pada penyakit GERD), laringitis, trakeobronkitis (peradangan trakea dan bronkus)

3.  Stimulasi psikogenik

Rangsangan psikogenik dapat meningkatkan batuk karena stimulasi mekanis dan inflamasi

Penyebab batuk berdahak dengan lendir yang berbau busuk salah satunya akibat penyakit brokiekstasis, yaitu Bronkiektasis (Bronchiectasis)adalah suatu perusakan dan pelebaran (dilatasi) abnormal dari saluran pernafasan yang besar.
Bronkiektasis bukan merupakan penyakit tunggal, dapat terjadi melalui berbagai cara dan merupakan akibat dari beberapa keadaan yang mengenai dinding bronkial, baik secara langsung maupun tidak, yang mengganggu sistem pertahanannya. Keadaan ini mungkin menyebar luas, atau mungkin muncul di satu atau dua tempat.

Untuk Selengkapnya DAPAT DI BACA DISINI